5 Cara Mendisiplinkan Anak Dalam Islam

Segala puji hanya bagi Allah SWT, Maha Pencipta dan shalawat serta salawat semoga tercurahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW, kepada keluarga dan para sahabatnya. Membesarkan anak-anak adalah tugas yang penting dan juga besar. Seseorang harus membesarkan anak-anak mereka sesuai dengan apa yang sudah diajarkan dalam agama Islam. Begitu banyak kewajiban dan tata cara yang harus diajarkan oleh seseorang kepada anak-anak mereka. Kami akan meringkaskan beberapa hal tersebut.

1. Anak-anak harus memiliki pengetahuan akan sesuatu yang pokok dari agama Islam seperti mengetahui jawaban yang tepat untuk pertanyaan-pertanyaan berikut: a) Siapakah Tuhannya? b) Apa agamanya? c) Siapa Nabinya?

2. Anak-anak harus diajarkan keyakinan yang benar akan percaya kepada Allah SWT, kepada sifat-sifatNya dan kepada rasul-Nya Nabi Muhammad SAW. Mereka harus terbiasa dengan sendirinya untuk takut kepada Allah SWT, mencintai Allah SWT, mencintai Nabi Muhammad SAW dan mencintai agama Allah SWT. Mereka harus tahu bahwa seorang Muslim hanya mengikuti Allah SWT dan Rasul-Nya saja dll.

3. Anak-anak harus diajarkan kewajiban-kewajiban dalam agama Islam seperti mengerjakan shalat lima waktu, berzakat, berpuasa di bulan Ramadhan dll. Nabi Muhammad SAW bersabda: "Suruhlah anak-anakmu shalat bila berumur tujuh tahun dan gunakan pukulan jika mereka sudah berumur sepuluh tahun dan pisahlah tempat tidur mereka (putera-puteri)." (Abu Dawud)

4. Ajarkan anak-anak tentang tata cara mandi, berwudhu, mandi yang bersifat ibadah dll yang juga perlu untuk mereka ketahui.

5. Orang tua juga harus mengingatkan anak-anak tentang dosa-dosa besar dalam Islam seperti syirik, sihir, mencuri, membunuh, berzina, riba, durhaka kepada orang tua dll.

Ajarkan anak-anak untuk membaca dan mengingat ayat-ayat Al-Qur'an, beberapa hadits dan lainnya yang akan mereka butuhkan setiap harinya. Sebagai contoh anak-anak harus diajarkan untuk menyebut nama Allah SWT sebelum mereka berbuat sesuatu seperti makan minum dll. Para orang tua juga hendaknya mengajarkan untuk memuji Allah SWT, mengajarkan doa-doa seperti doa di pagi hari, siang hari dan sore hari atau doa masuk dan keluar dari toilet. Doa-doa tersebut untuk melindungi anak-anak dari setan. Sesungguhnya Allah SWT Maha Mengetahui mana yang terbaik.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut

 
Lintas Facebook . All Rights Reserved
Home | | Term of use | |
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates