Pesawat Merpati MA-60 Jatuh di Kaimana Papua Barat

KBRN, Kaimana : Pesawat Merpati jenis MA 60 Sabtu (7/5) siang, jatuh kelaut dekat Bandara Utarung Kaimana, Papua Barat, menewaskan seluruh penumpang pesawat yang berjumlah 27 orang termasuk Pilot dan Co-Pilot.

Pesawat Merpati tersebut jatuh sekitar pukul 14.00 WIT. Reporter RRI Yonas Tuhuleru, yang berada dilokasi kejadian mendapatkan informasi bahwa sebelum jatuh, pesawat Merpati MA-60 yang akan melakukan pendaratan di Bandara Utarung Kaimana sempat berputar-putar diatas bandara kemudian berbelok Kekiri dan tiba-tiba terjatuh kelaut.

Dugaan sementara pesawat jatuh akibat cuaca buruk karena saat pesawat tersebut akan mendarat di sekitar bandara dalam kondisi hujan deras. Saat ini masih dilakukan penyisiran oleh tim SAR dan proses evakuasi masih terus berlangsung (Yonas T/Sgd/WDA)

DAFTAR NAMA PENUMPANG MERPATI MA 60:
Kepolisian Daerah Papua melansir 22 nama yang menjadi penumpang dalam pesawat nahas jenis MA-60 milik Merpati yang jatuh di laut dekat Bandara Kaimana, Papua Barat, siang tadi.
Jatuhnya pesawat buatan China itu telah menewaskan 15 orang penumpang. Pesawat nahas itu mengangkut 25 penumpang yang terdiri dari 18 penumpang dewasa, 2 penumpang anak-anak, 1 bayi dan 4 dari kru pesawat.
Berikut ini 22 nama penumpang yang dilansir Polda Papua:

1. Abby (anak KBOps Kaimana)
2. Tedi efendi (KBOps Kaimana)
3. Irma (istri KBOps KaimanaJ
4. Ruru
5. Heron Salosa
6. Kurita Amir
7. Noldy Huliselan
8. Permenas W.
9. Galilea
10. S
11. Watratan Stevanus
12. Bofen Cheng
13. Irwan
14. Merry
15. Pitnah Octavianus
16. PDT Ridwan
17. Stevanus Sawi
18. Tandisaro Sarnita
19. Dadi
20. Joko
22. Yonas Ihalu

LOKASI JATUHNYA PESAWAT MERPATI MA60
Tim SAR bersama TNI/Polri sedang mengevakuasi korban-korban dari lokasi kejadian. Hingga pukul 14.30 WIB baru 15 jenazah yang sudah ditemukan dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

"Sudah ditemukan 15 orang jatuh di laut," lanjut Nono.

Pesawat Merpati jurusan Sorong-Kaimana ini jatuh pukul 15.15 WIT. Pesawat jatuh di perairan Teluk Kaimana yang jaraknya dari landasan lapangan udara Kaimana tinggal 500 meter.

Dari 26 penumpang, baru 15 yang berhasil dievakuasi dan seluruhnya dalam kondisi tewas. Hingga saat ini penyebab kecelakaan masih terus diselidiki.

KEMENTRIAN PERHUBUNGAN MENGATAKAN:
Kementerian Perhubungan membantah pesawat Merpati jenis MA 60 yang jatuh di perairan Kaimana, Papua Barat, karena kurang perawatan. Berdasar data yang ada, justru pesawat naas tersebut baru saja menjalani pemeriksaan rutin.

"Pengecekan pesawat itu sekitar perseratus jam," ujar Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Harry Bakti, dalam jumpa pers di Kemenhub Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Sabtu (7/5/2011).

Harry mengatakan, pesawat yang membawa 26 penumpang itu buatan tahun 2010 dengan serial 2801. Menurutnya, pesawat itu baru menempuh 615 jam terbang sejak beroperasi.

"Jadi, tentunya baru 15 jam terbang dari pengecekan yang terakhir. Dengan total pendaratan 764 pendaratan," katanya.

Sampai saat ini, maskapai Merpati memiliki 13 pesawat dengan jenis yang sama dan semuanya sudah beroperasi. Sedangkan dua pesawat lagi masih dalam tahap pemesanan.

"Ini pesawat buatan Cina dan yang dua lagi juga masih tahap pemesanan di Cina," tutup Harry.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut

 
Lintas Facebook . All Rights Reserved
Home | | Term of use | |
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates