Heterocephalus glaber, Jenis Tikus Aneh Dari Afrika

naked mole rat (Heterocephalus glaber), juga dikenal sebagai sand puppy, atau desert mole rat/tikus mondok padang pasir adalah hewan pengerat atau tikus penggali asli Afrika dan satu-satunya spesies yang saat ini diklasifikasikan dalam “genus Heterocephalus”. Dia adalah salah satu dari “hanya” dua mamalia eusocial yang diketahui (yg satunya lagi adalah Damaraland Mole Rat) dan memiliki fitur fisik yang sangat tidak biasa, yang memungkinkan untuk berkembang di lingkungan yang keras, bawah tanah, termasuk kurangnya sensasi rasa sakit di kulit dan metabolisme yang sangat rendah.

Besar tubuh biasanya adalah 8 sampai 10 cm (3-4) panjang dan berat 30 sampai 35 gram. Ratu lebih besar dan berat lebih dari 50 gram (1.8 ons), yang terbesar sampai 80 gram. tubuh mereka sesuai dengan kondisi tempat tinggal mereka yang terletak di bawah tanah. Mata agak kecil dan penglihatan mereka tidak terlalu bagus. Kaki yang tipis dan pendek. Namun, mereka sangat mahir dalam bergerak di bawah tanah dan dapat bergerak mundur secepat mereka bisa maju. gigi besar mereka menonjol digunakan untuk menggali, bibir mereka tertutup di belakang gigi untuk mencegah masuknya tanah saat menggali. Mereka memiliki sedikit bulu(sebab itu dinamakan “naked mole rat/ Tikus mondok yang tak berbulu”) dengan kulit berkerut2 berwarna merah muda atau sedikit kekuningan.

Tikus mondok yang tak berbulu beradaptasi dengan baik dengan keterbatasan oksigen pada terowongan yang mejadi habitatnya: paru-paru yang sangat kecil dan darahnya memiliki afinitas yang sangat kuat untuk oksigen, meningkatkan efisiensi penyerapan oksigen. Memiliki pernafasan dan metabolisme yang sangat rendah untuk binatang seukuran mereka. Dan disaat kekeringan , tingkat kelaparan dan metabolisme mereka dapat dikurangi dengan 25%.
Habitat mereka terdapat di bagian yang lebih kering dari padang rumput tropis Afrika Timur, khususnya selatan Ethiopia, Kenya, dan Somalia
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut

 
Lintas Facebook . All Rights Reserved
Home | | Term of use | |
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates