Malam Ini Warga Yogya Sembelih Kerbau di Tugu, Kepalanya Ditanam. Apakah ini Syirik??


SLEMAN - Warga Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Sleman, Yogyakarta akan melakukan ritual caos dhahar dengan menyembelih kerbau pada pukul 19.00 WIB malam ini di Tugu, Yogyakarta.


Lurah Hargobinangun Pakem Bedjo Wiryanto menyatakan kepala kerbau nantinya akan ditanam di halaman balai Desa Hargobinangun, Pakem. Sedangkan dagingnya akan dibawa ke dapur umum untuk lauk para pengungsi sehingga bisa dinikmati bersama.


“Karena bencana ini, saya sebagai orang Jawa dan paguyuban Tri Tunggal akan melakukan ritual caos dhahar dengan penyembelihan kerbau,” kata Bedjo Wiryanto di stadion Maguwoharjo Sleman (8/11/10).


Menurut Bedjo, ritual tersebut sebagai bentuk keprihatinan sekaligus untuk melestarikan adat. Dalam ritual nanti juga akan dipanjatkan doa-doa keselamatan agar bencana ini segera berakhir, Merapi segera reda, sehingga semua masyarakat Hargobinangun bisa beraktivitas seperti sediakala.


Apapun upaya yang dilakukannya, Bedjo menyatakan bahwa pihaknya tidak meninggalkan dunia modern maupun teknologi. Melalui ritual ini dia menegaskan bahwa manusia di dunia ini harus mempercayai hal-hal yang gaib juga.


“Saya pun tidak akan meninggalkan masyarakat modern, teknologi, namun kita juga harus percaya hal-hal gaib juga,” tandas Bedjo.(Sita Maharani/Trijaya/ful)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pengikut

 
Lintas Facebook . All Rights Reserved
Home | | Term of use | |
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates