skip to main  |
      skip to sidebar
          
        
          
        
Foto-foto Cara Memindahkan Anjungan Minyak Raksasa
Memindahkan  barang bukan pekerjaan yang sulit kecuali yang satu ini. Bukan hanya  sulit tapi juga berat... Seperti halnya membuatnya, diperlukan rekayasa  teknik yang mumpuni untuk memindahkan anjungan minyak raksasa ini.
Objek Terbesar yang Pernah Dipindahkan
Sebuah  anjungan minyak lepas pantai raksasa ditarik menuju lokasi lepas  pantai. Tahun 1996 Troll A ini pernah menjadi platform lepas pantai  terbesar di dunia di Guiness World Record. Tingginya menjulang hinggan  500 meter dengan berat mencapai 656.000 ton! Pernah menjadi objek buatan  manusia terbesar yang pernah ditarik sebelum kemudian dipatahkan oleh  Petronius milik Texaco.

Lebih  besar dari semua pesawat kargo, lebih tinggi dari hampir semua menara  TV, wahana ini butuh tim kapal-kapal titanic untuk menyeretnya ke lokasi  lain. Bayangkan cipratan airnya jika benda ini roboh!


Beratnya  saat diseret adalah sebesar 1,2 juta ton, tinggi 472 meter, dengan  struktur di bawah air setinggi 369 meter, dan beratnya: 656.000 ton...  Tidak banyak orang menyadari bagaimana sesungguhnya tinggi benda ini.  Berikut ini perbandingannya dengan menara Eiffel.
Bandingkan  juga tinggi dari beberapa anjungan minyak lainnya dengan  bangunan-bangunan tertinggi di dunia ("Troll A" tidak ada dalam gambar,  tapi tingginya mencapai 472 meter):

(ini adalah anjungan lain di Laut Utara yang sedang ditarik, Yang ini bukan anjungan, melainkan gunung es saat disingkirkan!
Raksasa-raksasa Penghirup Minyak
Troll A bukan satu-satunya. Ada beberapa monster lagi di ladang minyak Laut Utara - yup, inilah si "B" dan "C".
Yang ini Troll A:


Wahana  gas Goldeneye di Laut Utara sebelah utara, Inggris, kelihatan kecil  dibanding dengan tinggi Troll A yang 500 meter (kanan):

Yang ini dilihat dari dalam kolomnya:
Usaha  memindahkan wahana ini hanya sebanding dengan membuatnya (konstruksi  Troll A pernah dianggap pencapaian rekayasa manusia terhebat hingga  penghujung abad 20). Kehebatan konstruksinya jelas terlihat pada  gambar-gambar ini: itu kapal-kapal adalah kapal besar, bukan perahu!

Bagaimana  Troll A dirakit dan dipindahkan sangat luar biasa. Biasanya kaki-kaki  anjungan dibawa di sampingnya dan kemudian - dibantu alat apung -  dijatuhkan di lokasinya (tenggelam di perairan). Yang satu ini,  seluruhnya dirakit di satu lokasi, dan lalu diapungkan!
Di  bawah ini merupakan gambar yang menunjukkan betapa besarnya anjungan  ini - melihat interior rig "StatOil" lebih dari 1,5 kilometer sebelah  barat Sleiper West di Laut Utara:


Yang ini anjungan "Nortrym" di Statfjord - aslinya bukan cuma satu. Lihat bagian kanan bawah untuk lokasi unit-unit ini:



Kompleks pengembangan minyak dan gas Ekofisk, 200 mil dari Norwegia:


Anjungan Minyak Menghadang Ombak Samudera
Rig  minyak raksasa seringkali berhadapan langsung dengan ganasnya samudera  dan terkadang mengalami keruskan serius karenanya, terutama yang  tertambat ke satu tempat dan tidak mudah dipindahkan jika badai  mendekat. 
Anjungan  minyak "Borgila" dan "Nortrym" merupakan sekian dari banyak yang  terkena dampak dari badai topan dan kemungkinan terjadinya kebakaran dan  kebocoran minyak:

Bencana akibat tumpahan minyak akhir-akhir ini membuat manusia memikirkan kembali upaya keselamatan dari anjungan.

Anjungan minyak "Gullfaks C" bertahan dari keganasan alam, badai Laut Utara (dengan tinggi ombak mencapai 7 meter).

Suatu model gelombang dibuat untuk menguji anjungan minyak.
Terakhir - berikut ini gambar yang menunjukkan "Troll A" sedang dihantam badai.